Senin, 02 Februari 2009

kebakaran

Pendahuluan
Ruko (dan juga rukan) ada dimana-mana, di setiap kota dan kabupaten. Kejadian kebakaran di ruko hampir selalu berakibat fatal kepada penghuninya. Masih ingat kebakaran karaoke Hepy di Palembang? Dalam kesempatan ini akan dibahas segi keselamatan terhadap kebakaran ( fire safety ), ketentuan dan standar, dan rekomendasi tindakan penanggulangan.
Tujuan dari pembahasan ini adalah pengkajian ulang dari ketentuan dan praktek yang berlaku, berdasarkan atas keteknikan keselamatan terhadap kebakaran ( fire safety engineering ).
Sasarannya adalah untuk memberikan ketentuan yang pas, katakanlah “ cost effective”, tetapi tidak menyimpang dari keteknikan keselamatan terhadap kebakaran.
Kelas hunian dan bahaya
Dalam bentuk aslinya, ruko adalah bangunan rendah di mana lantai dasar digunakan sebagai usaha dagang dan lantai atas digunakan sebagai tempat tinggal. Artinya bahwa ruko asli dapat digolongkan sebagai hunian campuran terdiri dari hunian perdagangan dan tempat tinggal. Rukan adalah bangunan rendah di mana biasanya semua lantai digunakan sebagai kantor. Ciri khas ruko dan rukan asli adalah satu pintu masuk di lantai dasar juga menjadi pintu keluar penghuni, dengan kata lain jalan keluar hanya satu dan melalui lantai dasar. Kecenderungan yang ada sekarang adalah terjadinya perubahan hunian: beberapa unit ruko digabung ke dalam satu manajemen, dinding pembatas ditiadakan, digunakan sebagai perkantoran umum, restoran, atau tempat hiburan (karaoke, klub malam dsb.). Bangunan ruko yang sudah berubah semacam ini harus digolongkan ke dalam hunian sesuai penggunaannya, tetapi bangunan semacam ini tetap masih mempunyai hanya satu jalan keluar yang melalui lantai dasar.
Last Updated ( Tuesday, 04 November 2008 )
Read more...
Sarana Jalan Keluar dan Photoluminescent Material
Berkembangnya teknologi dan tingginya tuntutan keselamatan yang semakin nyata, membuat pemilihan penerangan darurat, dan tanda eksit pada jalur evakuasi bangunan gedung ( pathway markings) mengalami pergeseran. Asap pada waktu terjadi kebakaran dapat mengaburkan penerangan normal maupun darurat, dan juga visibilitas dari tanda eksit.
Latar Belakang
Dalam sistem sarana jalan keluar, sebagai upaya untuk mempertahankan visibilitas jika ruangan tertutup oleh asap, dikenal sistem panduan jalur keluar dekat lantai ( floor proximity pathway markings). Sistem ini biasanya merupakan rangkaian light emitting diodes (LED) yang dipasang pada sisi lantai sepanjang jalur evakuasi. Berbeda dengan penerangan darurat, penandaan jalur keluar dekat lantai menyediakan kepada penghuni sebuah gambaran jalur kontinyu pada kaki mereka tentang cara terbaik untuk keluar bangunan. Sistem penandaan jalur keluar ini pada awalnya dipergunakan di bidang transportasi seperti kereta api, kapal laut dan kapal terbang. Tetapi sekarang telah terjadi pergeseran dari menggunakan penandaan jalur keluar sebagai tambahan atau suplemen penerangan darurat, menjadi sebagian atau seluruhnya menggantikan penerangan darurat.
Last Updated ( Wednesday, 13 August 2008 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar